Friday, June 26, 2020

Membuat Video Pembelajaran yang Cepat, Efektif dan Menarik

    Belajar tidak harus saling tatap muka. Covid-19 telah merubah kebiasaan belajar antara siswa dengan guru. Sampai saat ini vaksin pencegahan dan obat penyembuhan belum ditemukan, pemerintah berupaya agar pembelajaran tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan. Bagi daerah yang masuk zona merah dan kuning pembelajaran hanya bisa dilakukan dengan jarak jauh atau daring (dalam jaringan). Bagi daerah yang masuk zona hijau penyebaran Covid-19, pembelajaran bisa dilakukan dengan tatap muka dan tetap mengikuti protokol kesehatan.
    Tutorial ini dikhususkan bagi guru-guru yang mengalami dampak Covid-19 di zona merah dan kuning. Bagaimana caranya, silakan ikuti cara ini sampai akhir.
  1. Instal Aplikasi FastStone Capture 7.3
FastStone Capture 7.3 merupakan aplikasi yang ringan bagi laptop / PC. Secara singkat kita dapat membuat video pembelajaran yang cepat dengan menggunakan aplikasi ini. (Link Unduhan scroll ke bawah.)


        2. Langkah-langkah Instalasi
            a. Lakukan instalasi program dengan cara dobel klik pada FSCaptureSetup73.exe, tunggu sampai selesai                      proses instal.



        b. Buka kembali aplikasi FastStone Capture 7.3 yang sudah di instal di Start / Desktop.

        c. Masukkan keymaker.exe

        
FastStone Capture 7.3 masih versi trial jika tidak memasukkan kode registrasinya. Maka masukkan kode registrasinya dengan cara dobel klik pada keymaker.exe. Langkah selanjutnya dengan mengisikan nama pengguna -> klik -> generate (muncul kodel registrasi). Masukkan kode registrasi tersebut ke Aplikasi FastStone Capture 7.3. Proses Instalasi Aplikasi sudah selesai, anda bisa mulai mencoba membuat video pembelajaran.

        3. Cara Menggunakan Aplikasi Fastone Capture 7.3
            a. Buka aplikasi di Start / Desktop

            
            b. Setel / setting sebelum aplikasi digunakan :
                1).    Setelah FastStone Capture terbuka pilih Screen Recorder.
                2).    Pilih dikotak dialog seperti berikut ini :
(1) Record Screen : untuk menentukan berapa lebar yang diinginkan. Ada 4 pilihan sesuai kebutuhan.  Jika ingin membuat video pembelajaran yang materinya sudah dibuat di Ms. Power point maka pilih saja Full Screen Without Taskbar. Lebar video yang jadi sesuai dengan layar ketika slide show. (2) Record Audio : untuk merekam suara. Ada 3 pilihan sesuai kebutuhan. Jika video yang dibuat ada suara dari tutor dan suara backsound pilihlah Microphone + Speakers. (3) Option : untuk informasi pengaturan. Ada 5 bar yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Bar Video : apakah sorot dari mouse ketika digerakan ikut terekam. Selanjutnya Record.
 

            3) Setelah menekan tombol Record akan muncul kotak dialog lagi sebelum mulai merekam.
Pilih Start! Proses pengaturan FastStone selesai, ikuti langkah selanjutnya agar menghasilkan video pembelajaran yang bagus.

        4. Membuat Video pembelajaran
a. Menyiapkan materi : Ada beberapa pilihan dalam membuat materi yang menarik, dengan Ms. Power Point, Focusky, video maker, dll.


b. Menyiapkan backsound : Jika materi dalam video pembelajaran berupa bacaan bisa melengkapi video dengan back sound. Backsound yang bagus berupa instrumen musik tanpa suara vokal, tidak mendominasi suara didalam video. 

c. Pause / Resume / Stop : Apabila dalam proses perekaman ada masalah, silakan tekan di keyboar (Ctrl + F11). Jika perekaman selesai silakan klik kotak hitam.
 

d. Proses perekaman selesai. File yang dihasilkan dari FastStone Capture 7.3 adalah .mwv
 

No comments:

Post a Comment