Monday, May 4, 2020

Berkomunikasi di Classroom

Ruang kelas virtual atau kelas maya menjadi solusi bagi guru dan siswa. Munculnya covid-19 membawa dampak diberbagai bidang, tidak hanya bidang kesehatan, ekonomi, sosial namun juga bidang pendidikan. Sejak pemerintah mengeluarkan peraturan social distancing atau pembatasan jarak sosial untuk mengurangi penyebaran virus corona atau covid-19 pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang sangat drastis. Perubahan cara belajar siswa, metode pembelajaran, media pembelajaran hingga tahap penilaian (assessment).
Kendati demikian kondisi antar sekolah tidaklah sama, ada sekolah yang mampu memanfaatkan media sosial whatsapp, youtube, google drive, google classroom, aplikasi zoom tetapi ada sekolah yang belum mampu memanfaatkan media-media tersebut. Sesuai dengan karakteristik sekolahannya masing-masing sekolah membuat kebijakan yang dapat diakses dan digunakan oleh seluruh siswa.
Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai google classroom. Bagi sekolah yang siswa-siswinya sudah terjangkau oleh akses internet tidak akan mengalami kesulitan memanfaatkan google classroom dalam menyampaikan tugas, membahas materi, mengambil nilai, dan berkomunikasi sesuai dengan guru kelasnya masing-masing. Syarat utama bagi guru dan siswa adalah mempunyai alamat email atau akun di google. Hal tersebut tidaklah sulit karena setiap menggunakan whatsapp atau media sosial lainnya diminta untuk memasukkan akun, yang mana akun tersebut diawali dengan membuat alamat email.
Tahap selanjutnya adalah guru membuat kelas di alamat https://classroom.google.com/ dengan cara memilih tanda + di bagian kanan atas. Tanda + tersebut digunakan untuk gabung di kelas yang sudah ada dan membuat kelas baru. Di kelas baru akan diberi kode unik berjumlah 7 digit. Kode tersebut yang akan digunakan oleh siswa untuk bisa bergabung di kelas yang dibuat tadi. Kelas yang dibuat telah siap digunakan untuk memberikan tugas, menyampaikan nilai dan yang lebih penting adalah berkomunikasi dengan siswa dalam satu kelas.

No comments:

Post a Comment